Begini Loh Sejarah Game Konsol Dari Tahun Ke Tahun, Simak Selengkapnya

Begini Loh Sejarah Game Konsol Dari Tahun Ke Tahun, Simak Selengkapnya

Di awal tahun 80-an, segmen game konsol mulai terbentuk. Ini adalah periode inovasi. Industri membuat penyimpangan dari game Pong dan mengambil langkah pertama menuju diversifikasi dan pengembangan game petualangan, RPG, dan pertarungan. 

Awal 80-an adalah era Mario Bros, The Legend of Zelda, Final Fantasy, Golden Axe, dan banyak lagi. Namun, perubahan yang paling menonjol adalah peralihan dari konsol khusus dengan beberapa game bawaan ke sistem video game berbasis kartrid.

Saat itu, Sega dan Nintendo mendominasi pasar. Pada tahun 1983, Sega merilis SG-1000, tetapi meraih kesuksesan sporadis karena pengenalan konsol NES. Dua tahun kemudian, pada tahun 1985, Sega merilis Sega Master System, yang diterima dengan baik oleh para pemain.

Kompetisi tidak ketinggalan, meskipun. Atari merilis model 5200. Intellivision II dan ColecoVision juga diluncurkan. Namun, tidak satu pun dari model ini yang berhasil melengserkan Sega dan Nintendo. Faktanya, ColecoVision adalah konsol terakhir yang dirilis perusahaan.

 

-Akhir 80-an Clash of the Titans

Perang antara Sega dan Nintendo mencapai puncaknya. Kedua perusahaan berjuang untuk mengungguli satu sama lain dan merilis perlengkapan game yang semakin canggih. Sega hadir dengan Mega Drive dan Master System III, sementara Nintendo meluncurkan Super Nintendo Entertainment System (SNES).

Saat itu, Atari merilis model 7800 yang menawarkan backward compatibility dengan Atari 2600 yang legendaris.

Pada tahun 1990, SNK Neo Geo mengguncang pasar dengan memperkenalkan Neo Geo AES. Yang terakhir menampilkan grafik yang menakjubkan pada masanya, tetapi label harga yang lumayan (konsol itu sendiri berharga $ 800, dan setiap game berharga $ 200) mempermainkan SNK dan konsol tersebut tidak mencapai kesuksesan luar biasa yang diharapkan.

 

-Awal 90-an Video Game Consoles (R)evolution

Pada awal tahun 90-an, ada perubahan besar dalam fungsi konsol video game.

Tahun 1992 menyaksikan peluncuran konsol CD pertama Philips CD-i. Tahun berikutnya, Sega CD diluncurkan. Pada tahun 1993, Atari memperkenalkan Atari Jaguar, yang bertujuan untuk menyatakan perang terhadap konsol 16-bit yang tersedia di pasaran. Sedih kelihatannya, Jaguar adalah konsol terakhir yang dirilis Atari.

Saat itu, pembuatan konsol sedang berkembang dengan kecepatan yang luar biasa. Sega Saturn dan Sony Playstation dengan cepat menarik perhatian para gamer.

BACA JUGA: Akhirnya Anime Re:Zero Season 3 Diumumkan Dengan Trailer Dan Visual Barunya

Sumber: